N U S A W I R U

P A R A C E N T E R

0815-6431-446

Nusawiru - Cijulang - Pangandaran

SKYDIVE - INDONESIA

Latar Belakang

Jawa Barat dengan segala potensi alam dan kreatifitas masyarakatnya merupakan salah satu keunggulan bila dibandingkan dengan daerah lainnya. Selain kreatifitas masyarakat dalam hal kesenian, masyarakat Jawa Barat juga dikenal dengan kreatifitas masyarakatnya pada kegiatan-kegiatan outdoor yang menantang, salah satunya olahraga terjun payung.

Terjun payung adalah salah satu olahraga dirgantara ekstrim yang berkembang di Indonesia. Dalam kalangan masyarakat sipil, inisiasi kegiatan terjun paying sipil sendiri dimulai di Kota Bandung, Jawa Barat, dan terus berkembang di Jawa Barat dan daerah lainnya hingga saat ini. Meskipun demikian, tantangan penyediaan fasilitas yang tidak murah serta pendukung lainnya menyebabkan perkembangan olahraga ini sangat bergantung pada kerjasama dan partisipasi dari militer dan polisi, yang memiliki fasilitas pendukung lebih baik.

Dalam rangka mengembangkan olahraga terjun payung di Jawa Barat dan nasional, serta meningkatkan potensi pariwisata di Jawa Barat, khususnya di daerah Pangandaran, kami berencana mengembangkan Pusat Olahraga Terjun Payung di Bandara , Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat.


Tujuan

Tujuan dari pengembangan Pusat Olahraga Terjun Payung di Bandara Nusawiru, Cijulang, Pangandaran - Jawa Barat, yaitu :

Mendirikan dan mengembangkan pusat olahraga terjun payung di Bandara Nusawiru Pangandaran yang dapat mencetak atlit-atlit terjun payung Jawa Barat dan Nasional, menghidupkan komunitas terjun payung sipil yang dapat mandiri tanpa ketergantungan dengan fasilitas militer/polisi dan meningkatkan potensi pariwisata dirgantara di Jawa Barat.

Memelihara dan meningkatkan prestasi atlit terjun payung jabar yg selama ini selalu berhasil di kancah PON sebagai cabor penyumbang medali yg cukup signifikan.

Mempermudah proses regenerasi atlit terjun payung Jawa Barat yg sekarang ini rata-rata sdh berusia diatas 40 th bahkan ada yg sdh di atas 50 th tanpa harus tergantung kepada fasilitas militer yang kian hari makin sulit karena ketat nya ijin yg diberikan berkaitan dg prosedur militer yg ketat.

Meningkatkan dan mempromosikan potensi wisata pangandaran sebagai salah satu tujuan wisata terbaik yg dimiliki Jawa Barat. Dengan adanya pusat terjun payung di dengan sendirinya akan menarik perhatian wisatawan domestik ataupun wisatawan manca negara penggemar olah raga terjun payung untuk datang ke pangandaran.


Manfaat

Manfaat dari dipilihnya Bandara Nusawiru , Cijulang, Pangandaran - Jawa Barat, sebagai pusat kegiatan terjun payung yaitu :

Lebih memperkenalkan bandara sebagai gerbang udara untuk mencapai tujuan wisata pangandaran sehingga para wisatawan domestik ataupun mancanegara tahu bahwa ada cara yang cepat untuk berkunjung ke pangandaran.

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke pangandaran dengan sendirinya akan meningkatkan tingkat hunian hotel dan penginapan yg ada di pangandaran. demikian juga penjualan makanan di restoran dan rumah makan yg ada disekitar akan naik omzetnya sehingga penghasilan masyarakat akan ikut naik dan masyarakat sekitar akan lebih sejahtera. Dengan begitu jelas sekali akan ada konstribusi nyata bagi peningkatan PAD kabupaten pangandaran khususnya. Provinsi Jawa Barat umum nya.

Akan menjadi Icon terjun payung Indonesia sebagai satu-satunya Pusat Olahraga Terjun Payung Sipil di Indonesia bahkan di Asia Tenggara sehingga akan lebih mengharumkan nama di tingkat Nasional maupun Internasional.

Dengan adanya pusat kegiatan terjun payung sipil pertama dan satu satunya di indonesia dengan sendirinya akan lebih mengharumkan nama Jawa Barat sebagai pelopor pusat terjun payung sipil di Indonesia.

Memperkenalkan olah raga terjun payung kepada masyarakat luas sebagai kegiatan yang positif dalam membentuk karakter generasi muda Indonesia yang pemberani dan menjungjung tinggi sportifitas. Kesan bahwa olah raga terjun payung adalah kegiatan yang eksklusif akan terhapus karena selama ini kegiatan terjun payung dilaksanakan di dalam area militer yg tertutup.

Olah raga terjun payung akan berkembang lebih cepat dari sebelum nya apabila masyarakat bisa menyaksikan kegiatan ini secara lebih dekat bahkan bisa langsung ikut merasakan seprti apa melompat dari pesawat dan melayang bebas di angkasa dengan cara terjun tandem.

Nusawiru Paracenter Civilian Dropzone


#NUSAWIRU #DROPZONE

#BATUKARAS #PANGANDARANBEACH

Nusawiru Paracenter Civilian Dropzone

Program

Program yang rencananya diselenggarakan pada Pusat Olahraga Terjun Payung di Bandara , Cijulang, Pangandaran - Jawa Barat, Pusat Olahraga Terjun Payung – Bandara NusaWiru, sebagai berikut :

Program pendidikan dasar.

Program ini ditujukan bagi masyarakat luas yang ingin atau tertarik untuk menggeluti olah raga terjun payung baik bagi orang yang ingin menjadi atlit ataupun hanya sekedar hobie dan sarana rekreasi.

Program latihan rutin.

Program ini ditujukan bagi atlit untuk memelihara dan meningkatkan keterampilan terjun nya.

Program terjun wisata.

Program ini ditujukan bagi para peterjun non atlit yang hanya ingin refreshing dan bagi masyarakat yang ingin terjun tandem.


JADWAL

KursusTerjun Payung Solo Metode Statik.

Latihan terjun bertahap metode terjun statik solo dengan ketinggian yang semakin tinggi (4000-8000 feet) hingga akhirnya terjun bebas solo.

Kursus Terjun Payung Solo Metode Accelerated Free Fall (AFF).

Latihan terjun bertahap dari ketinggian min. 8000 feet didampingi dua instruktur yang selanjutnya berkurang menjadi 1 instruktur hingga akhirnya terjun solo di ketinggial 4500 feet.

Latihan Rutin Atlit Junior dan Senior.

Latihan terjun dalam rangka refreshing atau pendalaman di nomor Ketepatan Mendarat, Kerjasama di Udara dan Kerjasama antar Parasut.

Terjun Tandem – Pengenalan olahraga Terjun Payung ke masyarakat awam.

Terjun dengan penumpang (orang awam) terikat dengan harness di bagian depan instruktur dan terjun bebas dari ketinggian 7.000-10.000 feet.

Jadwal penerjunan adalah setiap hari sabtu dan minggu sehingga di harapkan tidak akan berbenturan dengan kegiatan lain yang sudah ada di . Adapun waktunya disesuaikan dengan jam kerja Bandara Nusawiru itu sendiri.


Fasilitas Pendukung

Cessna 185

Pesawat ukuran kecil berkapasitas 5 orang yang memiliki kemampuan terbang normal hingga 10.000 feet (ASL). Penggunaan dan perawatan yang ekonomis menjadikan pesawat ini termasuk salah satu pesawat yang paling banyak digunakan untuk kegiatan terjun payung di amerika dan eropa.

Dornier

Pesawat ukuran sedang berkapasitas 10 orang ini memiliki dua mesin berbaling-baling sehingga mampu terbang dengan kecepatan yang lebih tinggi dan climbing ratio yang lebih baik sehingga banyak diminati peterjun peterjun yang menyukai kerja sama di udara dan kerjasama antar parasut.


Drop Zone (Lokasi Pendaratan)

Lokasi pendaratan dari terjun payung atau sering disebut Drop Zone (DZ) berada di Bandar Udara Nusawiru , Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat. Bandara ini dirasa sangat cukup untuk menjadi lokasi pusat olahraga terjun payung karena air traffic yang tidak terlalu padat serta fasilitas landasan pacu yang sudah sangat baik. Untuk penetapan daerah pendaratan kami akan selalu berkordinasi dengan pihak bandara . Selain itu lokasi bandara yang dekat dengan daerah wisata akan menambah daya tarik.

Akomodasi

Akomodasi bagi para peterjun baik peterjun dalam negri ataupun mancanegara adalah hotel hotel dan penginapan penginapan yang ada disekitar

Kami menawarkan dua type penginapan yang punya konsep berbeda dengan daya tarik nya masing masing.

Nusawiru Paracenter Airfleet